Karya Tulis Ilmiah
HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER VII FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH TAHUN 2019
Latar belakang: Gaya belajar mempunyai peranan yang sangat penting dalam hidup seseorang, dengan mengetahui gaya belajar mereka dapat dengan mudah menyesuaikan dan mengintergrasikan dengan proses belajar, sehingga mereka akan dengan cepat, mudah dan berhasil dalam mnyerap informasi dan pelajaran yang diterima. Gaya belajar tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar yaitu IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dari proses belajar yang dilakukan selama masa perkuliahan. Tujuan: Penelitian ini bertujuann untuk mengetahui ada tidaknya hubungan gaya belajar terhadap prestasi akademik (IPK) pada mahasiswa semester VII Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan korelasional analitik dengan pendekatan cohort retrospektif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VII berjumlah 189 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 130 mahasiswa, diperoleh berdasarkan rumus Slovin dan teknik pengambila data menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan VARK Questionnaire (Versi 7,8) yang dikembangkan oleh Neil D. Fleming. Analisis data menggunakan uji Spearman. Hasil: Pada analisis univariat didapatkan gaya belajar visual sebanyak 5 (4,1%), auditori 43 (35,0%), read/write 21 (17,1%) dan kinestetik 54 (43,9%). Juga didapatkan tingkat IPK dengan pujian sebanyak 8 (6,5%), sangat memuaskan 39 (31,7%), memuaskan 62 (50,4%) dan rendah 14 (11,4%). Pada analisis bivariate menggunakan uji Spearman diperoleh nilai signifikansi 0,038 (p
Tidak tersedia versi lain